Tentang PAY Al Bisri

Berawal dari niat baik keluarga KH. Bisri yang di promotori H. Ulya Abdillah Bisri untuk mendirikan lembaga sosial berupa pesantren anak yatim, maka pada tahun 2004 dalam sebuah perjalan haji di Makkah, niat baik tersebut disampaikan KH. Imam Ghazali Said yang pada saat itu menjadi Pembina ibadah haji KBIH Takhobbar dimana H. Ulya Abdillah Bisri dan istri bergabung di dalamnya.

Bak gayung bersambut, niat baik tersebut diterima dan diamini oleh KH. Imam Ghazali Said. Setiba di tanah air, H. Ulya Abdillah Bisri menyerahkan sebidang tanah beserta bangunan di Gunung Anyar Lor II No. 62 Surabaya, yang sebelumnya sudah terbentuk yayasan Al-bisri dengan niat awal bergerak dibidang keagamaan dengan Akte Notaris : Syaiful Rahman SH. No. 10 Tahun 2004. Dalam perkembangan selanjutnya, Yayasan Al-Bisri memperluas bidang garapnya di bidang sosial dan pendidikan.

Dalam rentang waktu 4 tahun, akhirnya Pesantren Anak Yatim Al-Bisri diresmikan, tepatnya pada hari kamis, 7 Agustus 2008 oleh Wakil Wali kota pada masa itu, Bapak H. Arif Affandi, sekaligus menyerahkan pengelolaannya kepada KH. Imam Ghazali Said yang juga Pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Wonocolo Surabaya. Selanjutnya, beliau mengangkat H. Miftahul Khoir beserta istri sebagai Pelaksana Harian Pesantren Anak Yatim Al-Bisri.

Denyut kegiatan PAY Al -Bisri pun segera tampak. Gemericik air wudhu selalu terdengar sejak dini hari saat para santri melakukan qiyamul lail. Lantunan syahdu ayat-ayat suci Al-Quran terdengar setiap hari ba’da Shubuh, sore dan malam hari. Setelah sarapan pagi para santri berangkat ke sekolah meretas cita-cita. Para santri pun diajarkan untuk rajin berpuasa setiap Senin dan Kamis untuk memperteguh ruhani mereka.

Dengan visi dan misi serta program-program yang terarah dan terencana, Alhamdulillah Pesantren Anak Yatim Al-Bisri semakin mendapat kepercayaan untuk mengelola dana zakat, infaq maupun shodaqoh dari berbagai elemen masyarakat, sehingga bisa membangun Gedung Asrama Putri yang berlokasi di Gunung Anyar Indah VII No 17 Surabaya (Perum IKIP C-92 Gunung Anyar Surabaya.